Pages

Tuesday, June 4, 2013

Mengenal Jenis Kaos



Kaos.... apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata kaos?...... Oblong? Polo? Kaskus? meme? Rage? atau malah JKT48? :D
Jika itu yg ada dalam pikiranmu, pernah nggak terpikir dan bergumam 

"kok kaosku panas bgt ya klo dipake lama" atau 

"wuih, kaosnya nyaman bro, adem kalo dipake"

nah ada 2 point yang dapat kita simpulkan dari contoh pernyataan diatas yaitu Adem dan Panas. Nah, mari kita bahas kenapa ada kaos yang panas dan yang adem.

Bahan Kaos
Adem atau panasnya kaos ketika dipake, itu tergantung dari benang sebagai bahan dasar yang dipakai untuk membuat kaos tersebut. Ada empat macam bahan kaos yang sudah sangat dikenal secara umum. 

Katun Kombet (Cotton Combed)
Sampai sekarang, bahan kaos ini adalah bahan yang paling nyaman jika dikenakan karena sifat dari bahannya yang adem, Lembut karena benang yang dipakai adalah murni dari Wool. Bahan Katun ini sudah menjadi standar Distro nasional maupun Internasional. 
Sifat dari bahan ini selain adem juga serat benang yang halus dan tampilan Rajutannya lebih rapi dan rata.
Katun Carded (Cotton Carded)
Bahan ini berkualitas di bawah cotton combed karena tidak murni dari wool. sehingga serat benang yang digunakan Kurang lembut dan rajutannya kurang rata.

TC (Teteron Cotton)
Jenis kain ini berbahan campuran antara Katun dengan Polyester, perbandingannya sekitar 35% dg 65%. Bahan kain ini bisa dibilang kurang bisa menyerap keringat sehingga agak panas ketika dikenakan. tetapi dibalik kekuarangannya ini, kaos berbahan TC lebih kuat yaitu tidak gampang melar ketika dicuci berkali kali.

CVC (Cotton Viscose)
Kaos dengan bahan CVC ini adalah campuran dari katun kombet dan viscose, perbandingannya adalah 55% dan 45%. Kaos dengan bahan ini mempunyai kelebihan tingkat susut pola nya lebih kecil dibanding cotton. dan juga bahan ini bersifat menyerap keringat.

Polyester
Bahan dasar kain ini adalah Serat sintetis dari bahan minyak bumi seperti yang dipakai untuk membuat plastik. Oleh karena itu sifat dari kaos berbahan ini cenderung panas dan tidak menyerap keringat


No comments:

Post a Comment